Jumat, 04 Februari 2011

Persaudaraan Islam

Uhkuwah islamiyah
I.Makna Ukhuwah Islamiyah

Menumbuhkan kesadaran untuk memelihara persaudaraan serta menjauhkan diri dari perpecahan, merupakan realisasi pengakuan bahwa pada hakikatnya kedudukan manusia adalah sama. Di hadapan Allah SWT, sebagai hamba dan khalifah-Nya.
Menurut Imam Hasan Al-Banna: Ukhuwah Islamiyah adalah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan aqidah.

Allah mengembalikan dasar keturunan manusia kepada nenek moyangnya yaitu Adam dan Hawa, karena Allah hendak menjadikan tempat bertemu yang kokoh dari hubungan keakraban ukhuwah atau persaudaraan seluruh anak manusia. Tidak ada perbedaan di antara hamba Allah, tiadalah seseorang dari yang lain, kecuali ketakwaan mereka kepada Allah (QS. Al Hujurat (49) : 10-13).

Hakekat Ukhuwah Islamiyah
1. Nikmat Allah (QS. 3: 103)
2. Perumpamaan tali tasbih (QS. 43: 67)
3. Merupakan arahan Rabbani (QS. 8: 63)
4. Merupakan cermin kekuatan iman (QS. 49: 10)

II. Perdamaian Merupakan Unsur Mempersubur Persaudaraan

adalah faktor penting dalam hidup dari kehidupan manusia. Dunia tanpa adanya perdamaian tentu akan mengalami kehancuran dan malapetaka yang besar. Dan apabila sudah tidak ada perdamaian berarti rusaklah agama yang diamanatkan oleh Allah dengan demikian kita semua akan memperoleh murka-Nya (QS Al Hujurat (49) : 9).

Jelaslah bahwa Islam adalah agama perdamaian, Islam tidak menghendaki kehancuran yang diakibatkan pertikaian, pertentangan dan peperangan. Karena itulah menjadi kewajiban kita sesama muslim untuk senantiasa memelihara perdamaian, membina persatuan dan kesatuan ummat (QS. Al Ahzab (33) : 70-71).

Islam mengajarkan kepada umatnya agar suka berjuang dan berbuat baik serta menjauhkan diri dari persengketaan dan menumbuhkan perdamaian di masyarakat secara luas. Pengertiannya adalah apabila kehidupan suatu masyarakat telah dihiasi dengan keadilan, maka Allah akan menciptakan satu kehidupan yang damai dan penuh kenikmatan.

Untuk menyuburkan keakraban dan persaudaraan dalam Islam, diperkuat pula dengan ajaran yang melarang setiap muslim berlaku sombong dan membanggakan diri. Karena membanggakan diri dan berlaku sombong tidak akan mendapat tempat di masyarakat yang meyakini bahwa kemuliaan itu ditentukan oleh taqwa seseorang di dalam hatinya, sedangkan tidak seorangpun dapat mengetahui rahasia hati, kecuali Allah Yang Maha Mengetahui.

Hal-hal yang menguatkan Ukhuwah Islamiyah:
1. Memberitahukan kecintaan pada yang kita cintai
2. Memohon dido’akan bila berpisah
3. Menunjukkan kegembiraan & senyuman bila berjumpa
4. Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim)
5. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan
6. Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu
7. Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)
8. Memperhatikan saudaranya & membantu keperluannya
9. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya

Buah Ukhuwah Islamiyah
1. Merasakan lezatnya iman
2. Mendapatkan perlindungan Allah di hari kiamat (termasuk dalam 7 golongan yang dilindungi)
3. Mendapatkan tempat khusus di syurga (15:45-48)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar